Pokok Bahasan
* Kebutuhan akan informasi
* Penentuan sifat dan luasnya informasi
* Pencarian yang efektif dan efisien
Informasi itu berharga
Sudah mirip makanan, air dan listrik, manusia butuh informasi.
Informasi penting untuk suksesnya pendidikan, karir ataubisnis.
Informasi yang sangat penting bahkan dapat diperjual belikan.
Informasi yang berkualitas dapat digunakan untuk:
mendukung menyelesaikan tugas-tugas kuliah
menghemat waktu pengerjaan tugas
mencari gagasan baru
membantu membuat keputusan
Factor-faktor yang berpengaruh
Mutu informasi dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut:
Up-to-date
Lengkap
Relevan
Akurat
Dapat di andalkan
Tersaji baik
Potensi penggunaan informasi adalahfaktor penting dalam menentukannilainya. Makin berpotensi makin bernilai.
Up-to date
Cari informasi terbaru untuk segala hal
Kapan terakhirregistrasi? Apa syaratnya?
Apakah adaperubahan jadwal pengumpulantugas dariDosen?
Apa artikel jurnalterbaru tentang topik yang dibahas Dosen?
Lengkap
Informasi yang tidak/kurang lengkap dapat membuat keputusan keliru.
Peta jalur selatanjawa minggulalu kosong, semua padalewat jalur selatan, akhirnya jalur selatan macet.
Data penjualan dua triwulan, tidak memberikan gambaran lengkap kinerja bisnis tahunan.
Gagal melihat dukungan luas masyarakat Turki terhadap Presiden Erdogan, membuatkudeta gagal.
Informasi yang tidak/kurang lengkap dapat membuat keputusan keliru.
Relevan
Informasi yang dicari harus relevan dengan yang dibutuhkan
Cari jalur alternatif pantura, yang setelah melaluinya dapat kembali ke pantura lagi. Lewat Google Map dapat, tapi tidak dapat kembali ke pantura lagi, berarti tidak relevan.
Akurat
Meskipun tidakmungkin akurat100%, setidaknya cukup akurat untuk membuat keputusan
Jumlah stok barangyang keliru diToserba, dapat berakibat stok kosong atau pesan barang berlebihan (keduanya buruk untuk organisasi)
Perkiraan jumlah kendaraan yang akan melewati tol Brebes timur seharusnya akurat, agar dapat diperkirakan pengaturan jalur lalu lintas pantura.
DapatDipercaya
Berita dari sumber yang tidak/kurang dapat dipercaya perlu diperiksa kebenarannya (cross check, tabayun).
Contoh berita dari sumber yang dapat dihandalkan dapat dimanfaatkan adalah Detik.com, Kompas.com dll
Tersajibaik
Informasi disajikan dalam format yang mudah dipahami pembaca.
Pembuatkeputusanbutuh informasi yang mudah dipahami.
Cari gambar pengganti kata-kata yang banyak.
Sebagiangambar sebagiankata-kata
Perlu usaha untuk mendapat informasi yang bermutu
Usaha untuk mengumpulkan
Usaha untuk menyimpan
Usaha untuk mengolah
Usaha untuk merawat
Internet
Internet adalah sumber informasi penting, selain koran, TV, dan media masa lainnya.
Namun menemukan isi web yang berkualitas dan memanfaatkannya untuk membantu menyelesaikan tugas adalah pekerjaan yang menantang.
EvaluasiWeb
Setiap orang dapat mempublikasikan apapun di internet. Perlu diperiksa kebenarannya, buktinya, redaksi kalimatnya, ejaan katanya.
Mencari di Internet
Gunakan mesin pencari Identifikasi web site Periksa kredibilitasnya Tentukan kedalaman dan keluasan ruang lingkup informasi Periksa tanggalnya
Tipe web
Web informatif
Web Personal
Web kelompok politik/kepentingan
Web pemasaran
Web hiburan
Mesin pencari (search engine)
Mesin pencari mencari lokasi web dan menampilkan hasil pencarian berdasarkan popularitas.
Gunakan Kata KunciYang Tepat
Pilih kata kunci(keyword) yang tepat sebelum browsing. Pernahkah anda pakai “AND” atau “OR” untuk mencari dengan dua atau lebih kata kunci?
Identifikasi halaman Web
Banyak halaman web tidak diperiksa keakuratannya. Web personal sering digunakan untuk menyatakan opini pribadi tentang sesuatu,bukan fakta. Jadi, periksa siapa pemilik web, siapa audiensnya, siapa yang menulis artikel, apa isinya, dan apa tujuannya. Bedakan iklan atau fakta
Periksa Kredibilitas
Siapa penulis halaman web? Individu atau kelompok? Periksa informasi tambahan setelah informasi penulis ditemukan Adakah agenda bisnisatau politik? Siapa sponshor web? Siapa mereka?
Apakah halaman web menyebutkan rujukan, pekerjaan yang di-sitasi? Apakah rujukan dapat dilacak? Sumber rujukan dapat dihandalkan? Adakah link ke web lain yang dapat dihandalkan? Adakah email ke pengarang?
Menentukan kedalaman dan luas ruang lingkup informasi
Perbedaan halaman web dengan sumber tercetak: Informasi sering ditampilkan agar mudah dicerna dengan tampilan menarik. Informasi sering tidak mendalam atau tidak luas. Materi bisa jadi di pengaruhi kepentingan bisnis atau politik. Kadang-kadang halaman web bukan sumber yang benar terhadap informasi yang anda perlukan.
Apakah halaman web menunjukkan tanda-tanda hasil penelitian, referensi ke sumber lain, hyper inks,catatan kaki,dll? Apakah halaman web menginformasikan perubahan/perkembangan topik kajian? Apakah pengarang memperhatikan sudut pandang lain? Seberapa cocok/sesuai/dekat isi halaman web dengan yang Anda cari? Bandingkan dengan sumber-sumber lain, pilih mana yang paling konsisten
PeriksaTanggalInformasi
Anda lihat tanggal dihalaman web? Tanggal di halaman web dapat berarti: Tanggal awal artikel ditulis Tanggal publikasi di internet Tanggal tidak di-update, termasuk jika ada revisi, tambahan atau pengurangan materi.
REFERENSI
FatMax2007, Value & Importance of Informationppt. Purdue University Writing Lab, Research and The Internet ppt http://www.greenlightdigital.com/assets/images/market-share-large.png
Mrs. Kotsch, Preparing To Search The Internet ppt, St. Elizabeth Ann Seton School c2004
Dodge, Bernie. “Seven Steps to Better Searching.” San DiegoState University College of Education. July 8, 1999.http://projects.edtech.sandi.net/staffdev/tpss99/searching/sevensteps.htm. Marti A. Hearst, Search User Interface, Cambridge,2009
Komentar
Posting Komentar