MENCARI INFORMASI DARI INTERNET

 Pokok Bahasan

* Kebutuhan akan informasi

* Penentuan sifat dan luasnya informasi

* Pencarian yang efektif dan efisien


Informasi itu berharga
 Sudah mirip makanan, air dan listrik, manusia butuh informasi.
 Informasi penting untuk suksesnya pendidikan, karir ataubisnis.
 Informasi yang sangat penting bahkan dapat diperjual belikan.
 Informasi yang berkualitas dapat digunakan untuk:
 mendukung menyelesaikan tugas-tugas kuliah
 menghemat waktu pengerjaan tugas
 mencari gagasan baru
 membantu membuat keputusan


Factor-faktor yang berpengaruh
 Mutu informasi dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut:

 Up-to-date
 Lengkap
 Relevan
 Akurat
 Dapat di andalkan
 Tersaji baik

Potensi penggunaan informasi adalahfaktor penting dalam menentukannilainya. Makin berpotensi makin bernilai.

Up-to date
Cari informasi terbaru untuk segala hal

 Kapan terakhirregistrasi? Apa syaratnya?
 Apakah adaperubahan jadwal pengumpulantugas dariDosen?
 Apa artikel jurnalterbaru tentang topik yang dibahas Dosen?

Lengkap
Informasi yang tidak/kurang lengkap dapat membuat keputusan keliru.

 Peta jalur selatanjawa minggulalu kosong, semua padalewat jalur selatan, akhirnya jalur selatan macet.
 Data penjualan dua triwulan, tidak memberikan gambaran lengkap kinerja bisnis tahunan. 
 Gagal melihat dukungan luas masyarakat Turki terhadap Presiden Erdogan, membuatkudeta gagal.
 Informasi yang tidak/kurang lengkap dapat membuat keputusan keliru.

Relevan
Informasi yang dicari harus relevan dengan yang dibutuhkan

 Cari jalur alternatif pantura, yang setelah melaluinya dapat kembali ke pantura lagi.  Lewat Google Map dapat, tapi tidak dapat kembali ke pantura lagi, berarti tidak relevan.

Akurat
Meskipun tidakmungkin akurat100%, setidaknya cukup akurat untuk membuat keputusan

 Jumlah stok barangyang keliru diToserba, dapat berakibat stok kosong atau pesan barang berlebihan (keduanya buruk untuk organisasi)
 Perkiraan jumlah kendaraan yang akan melewati tol Brebes timur seharusnya akurat, agar dapat diperkirakan pengaturan jalur lalu lintas pantura.

DapatDipercaya
Berita dari sumber yang tidak/kurang dapat dipercaya perlu diperiksa kebenarannya (cross check, tabayun).

Contoh berita dari sumber yang dapat dihandalkan dapat dimanfaatkan adalah Detik.com, Kompas.com dll

Tersajibaik
Informasi disajikan dalam format yang mudah dipahami pembaca.

 Pembuatkeputusanbutuh informasi yang mudah dipahami.
 Cari gambar pengganti kata-kata yang banyak.
 Sebagiangambar sebagiankata-kata

Perlu usaha untuk mendapat informasi yang bermutu

 Usaha untuk mengumpulkan
 Usaha untuk menyimpan
 Usaha untuk mengolah
 Usaha untuk merawat

Internet

Internet adalah sumber informasi penting, selain koran, TV, dan media masa lainnya.

Namun menemukan isi web yang berkualitas dan memanfaatkannya untuk membantu menyelesaikan tugas adalah pekerjaan yang menantang.

EvaluasiWeb
Setiap orang dapat  mempublikasikan apapun di  internet. Perlu diperiksa kebenarannya,  buktinya, redaksi kalimatnya,  ejaan katanya.

Mencari di Internet
Gunakan mesin pencari  Identifikasi web site  Periksa kredibilitasnya Tentukan kedalaman dan  keluasan ruang lingkup  informasi Periksa tanggalnya

Tipe web

Web informatif 
Web Personal 
Web kelompok politik/kepentingan
Web pemasaran 
Web hiburan

Mesin pencari (search engine)

Mesin pencari mencari  lokasi web dan  menampilkan hasil  pencarian berdasarkan  popularitas.

Gunakan Kata KunciYang Tepat
Pilih kata kunci(keyword)  yang tepat sebelum  browsing. Pernahkah anda pakai  “AND” atau “OR” untuk  mencari dengan dua atau  lebih kata kunci?

 Identifikasi halaman Web
Banyak halaman web tidak  diperiksa keakuratannya. Web personal sering digunakan untuk menyatakan opini pribadi tentang sesuatu,bukan fakta. Jadi, periksa siapa pemilik web,  siapa audiensnya, siapa yang  menulis artikel, apa isinya, dan apa  tujuannya. Bedakan iklan atau fakta

Periksa Kredibilitas
Siapa penulis halaman web?  Individu atau kelompok? Periksa informasi tambahan  setelah informasi penulis  ditemukan Adakah agenda bisnisatau politik? Siapa sponshor web? Siapa  mereka?

Apakah halaman web  menyebutkan rujukan,  pekerjaan yang di-sitasi? Apakah rujukan dapat dilacak? Sumber rujukan  dapat dihandalkan? Adakah link ke web lain yang  dapat dihandalkan? Adakah email ke pengarang?

Menentukan kedalaman dan luas ruang lingkup informasi
Perbedaan halaman web dengan sumber tercetak: Informasi sering ditampilkan agar mudah dicerna dengan tampilan  menarik. Informasi sering tidak mendalam atau tidak luas. Materi bisa jadi di    pengaruhi kepentingan bisnis atau politik. Kadang-kadang halaman web bukan sumber yang benar  terhadap informasi yang anda perlukan.
Apakah halaman web menunjukkan tanda-tanda hasil  penelitian, referensi ke sumber lain, hyper inks,catatan  kaki,dll? Apakah halaman web menginformasikan  perubahan/perkembangan topik kajian? Apakah pengarang memperhatikan sudut pandang lain? Seberapa cocok/sesuai/dekat isi halaman web dengan  yang Anda cari? Bandingkan dengan sumber-sumber lain, pilih mana  yang paling konsisten

PeriksaTanggalInformasi
Anda lihat tanggal dihalaman  web? Tanggal di halaman web dapat berarti: Tanggal awal artikel ditulis  Tanggal publikasi di internet  Tanggal tidak di-update, termasuk jika ada revisi,  tambahan atau pengurangan  materi.


REFERENSI

 FatMax2007, Value & Importance of Informationppt. Purdue University Writing Lab, Research and The Internet ppt  http://www.greenlightdigital.com/assets/images/market-share-large.png

 Mrs. Kotsch, Preparing To Search The Internet ppt, St. Elizabeth Ann Seton School c2004

 Dodge, Bernie. “Seven Steps to Better Searching.” San DiegoState University College  of Education. July 8,  1999.http://projects.edtech.sandi.net/staffdev/tpss99/searching/sevensteps.htm.  Marti A. Hearst, Search User Interface, Cambridge,2009


Komentar